Home » Website untuk Dunia Usaha, Kebutuhan atau Pelengkap?

Website untuk Dunia Usaha, Kebutuhan atau Pelengkap?

Website untuk Dunia Usaha, Kebutuhan atau Pelengkap?

Website untuk dunia usaha, topik yang menarik ditelisik terutama jika Anda seorang yang bergelut di bidang kewirausahaan. Bicara mengenai website, media komunikasi yang satu ini mengalami perkembangan cukup pesat sejak kemunculannya di era awal 90-an. Ditilik dari sejarahnya, website mulanya dibuat untuk memudahkan para ilmuwan dari belahan benua yang berbeda saling bertukar informasi. Menimbang manfaat yang besar bagi berbagai bidang, website kemudian dibuka untuk umum, dan terus berkembang hingga seperti saat ini. Website tidak lagi menjadi sesuatu yang eksklusif, siapapun dapat mengaksesnya dengan mudah.

Jumlah website yang mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun menunjukkan kian besarnya antusiasme masyarakat global akan keberadaan website. Menurut data dari Internet Live Stats, pada Oktober 2019 ini terdapat sekitar 1,7 milyar website yang aktif di seluruh dunia, bandingkan dengan tahun 1994 yang hanya sekitar 2700-an website.  

Lalu, apakah website untuk dunia usaha merupakan sebuah kebutuhan?

Website sebagai Strategi untuk Menaikkan Level Bisnis

Anda tengah menjalankan usaha kecil dan menengah, ingin meningkatkan level bisnis tapi bingung harus menggunakan strategi yang seperti apa? Atau ingin produk Anda dikenal luas dan memiliki banyak pelanggan namun bujet untuk berpromosi sangat terbatas? website dapat menjadi jawaban untuk kedua permasalahan tadi, bahkan mendatangkan manfaat lebih dari yang Anda perkirakan. Kenapa? karena dengan hanya memiliki website, Anda dapat membawa usaha Anda ke level lebih tinggi sekaligus memperluas jangkauan bisnis, hingga mendongkrak potensi omzet. 

Jika saat ini usaha Anda seperti jalan di tempat dan stagnan, coba untuk menginvestasikan modal pada pembuatan website. Ulasan berikut dapat menjadi bahan pertimbangan.

  • Penanda Eksistensi

Website dibutuhkan untuk mempertegas keberadaan bisnis Anda. Semakin profesional pengelolaan website tersebut maka akan semakin memperkuat eksistensi dan menaikkan kredibilitas.

Agar lebih mudah, kita analogikan website sebagai gedung tempat bisnis kita berjalan. Kita berkantor di sana,  klien yang akan berpartner dengan kita berkunjungnya ke sana, bagaimana bagusnya produk kita pun dipamerkan di sana.

Mana yang lebih meyakinkan, bisnis yang jelas  ada kantornya dan bisa dikunjungi, dengan yang entah di mana kantornya?

  • Representasi Bisnis

Masih dengan analogi yang sama, tampilan website kita seperti halnya tampilan gedung kantor, segala yang ada di sana merepresentasikan perusahaan dan bisnis kita. Dimulai dengan nama domain  website yang diibaratkan papan nama di depan gedung, homepage sebagai lobby-nya, halaman-halaman web adalah  ruangan-ruangan kantor yang masing-masing didesain dan diperlengkapi sesuai fungsinya.

Papan nama yang besar dan menonjol akan memudahkan ketika orang  mencari kantor kita. Desain eksterior dan interior kantor memberikan kesan tersendiri pada tamu yang berkunjung. Kerapian, kebersihan, serta tata letak juga mempengaruhi penilaian dan kesan mereka mengenai kantor kita.

Sudah mulai mendapat gambaran harus seperti apa tampilan website yang merepresentasikan bisnis Anda?

Sedikit tips dari kami, sebagai langkah awal pilihlah nama domain yang catchy dan mudah diingat, agar khalayak yang menjadi target pasar tidak kesulitan menemukan website bisnis Anda.

  • Media Komunikasi dan Penyampai Informasi

Memiliki bisnis yang dikenal seantero dunia tentu akan sangat baik bagi potensi omzet. Kita membutuhkan perantara website untuk membuat bisnis kita dapat menjangkau belahan dunia manapun.

Sebagai media komunikasi, website menjadi sarana terbaik untuk menginformasikan pada  khalayak luas terkait bisnis kita. Profil perusahaan, cakupan bisnis, prospek jangka panjang, hingga produk yang dihasilkan, informasinya dapat kita bagi melalui media website.

Informasi yang didapatkan pengunjung akan mempengaruhi keputusan mereka selanjutnya. Jadi, pastikan bahwa apa yang ada di website bisnis Anda benar-benar mendorong pengunjung untuk melakukan aksi seperti yang Anda harapkan.

Website untuk dunia usaha seperti kantor yang bekerja 24 jam setiap hari, selama 7 hari dalam seminggu. Kapan pun calon klien dan pelanggan bisa datang mengunjungi “kantor” kita ini, untuk bertransaksi atau sekadar melihat-lihat profil perusahaan. Satu hal yang pasti, kunjungan mereka didasari suatu kebutuhan.

Masyarakat global dewasa ini memiliki kecenderungan pergi browsing untuk menemukan melalui mesin pencari, solusi dari aneka permasalahan. Mesin pencari kemudian akan memunculkan alamat-alamat website yang terkait permasalahan tersebut. Jika alamat website bisnis Anda ada di antaranya atau bahkan di urutan pertama, besar kemungkinan pengunjung akan datang ke website Anda untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

  • Layanan Paripurna bagi Pelanggan

Lewat media website, pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembelian kapan pun dan di mana pun. Kepuasaan akan layanan bisnispun dapat langsung dinyatakan lewat pemberian review dan rating. Rating yang bagus akan membawa lebih banyak lagi pelanggan bagi bisnis Anda.

Website dapat dimanfaatkan untuk mengarahkan pengunjung yang telah melakukan pembelian  agar menjadi pelanggan setia. Kuncinya adalah jadikan website bisnis Anda sebagai tempat mereka menemukan solusi, mendapatkan pemecahan untuk permasalahan yang mungkin pelanggan hadapi. Misalkan lewat deskripsi produk yang sangat informatif, atau artikel tips dan trik terkait produk yang mereka beli.

Form support untuk pengunjung yang gagal mendapatkan apa yang dicari, disertai respon yang cepat tanggap dari tim, merupakan nilai lebih yang membuat layanan bisnis Anda paripurna.

Kendati sarat dengan manfaat, masih banyak pelaku bisnis yang belum menganggap  website untuk dunia usaha adalah sebuah kebutuhan. Miliki website bisnis Anda sekarang juga, dan jadilah pebisnis yang selangkah lebih maju dari kompetitor Anda.

SUDAH DAPAT YANG ANDA CARI? MARI BEKERJA SAMA

One thought on “Website untuk Dunia Usaha, Kebutuhan atau Pelengkap?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 8digital, 2019