Home » Bagaimana Teknologi AR Mempengaruhi Aktivitas Marketing?

Bagaimana Teknologi AR Mempengaruhi Aktivitas Marketing?

Bagaimana Teknologi AR Mempengaruhi Aktivitas Marketing?

Para pelaku marketing selalu melihat sebuah hal baru dan inovatif untuk mencoba untuk membuat kustomer baru tertarik dan bisnis mereka sendiri. Di dalam dunia teknologi ini, ada beberapa konsep yang lebih inovatif dari virtual dan augmented reality.

Artikel ini akan membahas secara detil tentang perbedaan virtual reality dan augmented reality, dan juga bagaimana caranya menggunakan mereka untuk kebutuhan marketing. Selanjutnya kita akan melihat apakah augmented reality cukup siap untuk digunakan oleh pelaku marketing B2B.

Perbedaan Antara Virtual Dan Augmented Reality

Virtua Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) merupakan 2 teknologi termaju yang dimana memiliki sebutan “rubah pandanganmu kepada dunia”. Untuk perbedaan keduanya kita akan jelaskan masing-masing:

Virtual Reality: VR merupakan teknologi buatan, simulasi yang digenerasi oleh komputer atau sebuah alat yang hidup, yang bisa diartikan untuk membuat otak berfikir bahwa sebuah pengalaman virtual menjadi begitu nyata.
Augmented Reality: Teknologi AR menggenerasikan komputer untuk membuat sebuah visual menjadi tampak nyata dan subjek tersebut bisa melakukan interaksi dengan manusia secara langsung.

Anda hanya perlu kembali sekitar 5 hingga 10 tahun kebelakang saat VR dan AR masih merupakan sebuah cerita fiksi yang ada pada novel. Namun, perubahan teknologi yang sangat cepat dapat membawa kita pada titik dimana keduanya bisa dibuat saat ini.

Aplikasi AR dengan nama Pokemon Go menggunakan fitur kamera dan geolokasi untuk memandu para pemain untuk mencari dan menangkap Pokemon pada handphone mereka. Platform media sosial Snapchat memperkenalkan “filters and lenses” pada tahun 2015 lalu, dimana efek animasi dapat ditambahkan pada hasil foto kamera.

ar marketing

Snapchat dan Pokemon Go sudah menjadi salah satu contoh terbaik pada aplikasi yang menggunakan teknologi AR dengan baik, dengan kombinasi antara dunia nyata dan dunia virtual. Dalam waktu 5 bulan sejak aplikasi dirilis, pengguna Pokemon Go dunia sudah memiliki catatan berjalan kaki sebanyak 8.7 triliun km dan telah menangkap pokemon sebanyak 88 triliun Pokemon.

Efektivitas kegiatan marketing pada AR perlu mengambil tindakan analisis diantara dunia nyata dan dunia virtual ketika diperlukan untuk memandu kustomer. Para pelaku marketing menginginkan untuk menggabungkan virtual dan aspek personal dalam pengalaman nyata dengan pengalaman virtual yang cepat dan alami.

Kesuksesan yang diberikan oleh aplikasi seperti Pokemon Go, sangat sulit bila menolak untuk menggunakan Augmented Reality untuk digunakan sebagai alat marketing. Banyak sekali contoh bagi anda dimana teknologi AR digunakan pada pelaku bisnis yang ada didunia.

Contoh AR Oleh Pelaku Bisnis Dunia

IKEA

Toko yang berlokasi di Swedia ini yang dikenal dengan furniture nya yang sederhana, mudah dirakit dan terjangkau. Perusahaan ini mencoba untuk naik ke tingkat selanjutnya dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. IKEA Place merupakan aplikasi yang memudahkan pengguna untuk melakukan perhitungan skala dan penempatan furniture secara virtual pada rumahkanya, melalui layar handphone.

ar marketing

Perfect Corp

Perfect Corp menyediakan aplikasi AR untuk kebutuhan kecantikan, yang paling populer seperti YouCam Makeup. Aplikasi ini memiliki teknologi pemetaan wajah untuk melakukan virtual makeup nyata untuk real time atau foto.

ar marketing

Namun keduanya merupakan jenis usaha B2C daripada disebut dengan B2B. Namun, dengan sedikit imajinasi, sangat mungkin bisa digunakan dan di adaptasikan pada ruang B2B.

Kesimpulan Terkait Teknologi AR Untuk Marketing

Teknologi akan semakin maju. Terima atau tidaknya bahwa anda sebagai pelaku usaha seharusnya perlu secara sigap dalam menyikapi kemajuan teknologi yang dibuat oleh manusia. AR atau Augmen Reality perlu dalam mempermudah para pelaku konsumen untuk membeli kebutuhan yang dia perlukan. Jadi, kapan bisnis anda menggunakan kecanggihan dunia virtual ini?

SUDAH DAPAT YANG ANDA CARI? MARI BEKERJA SAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 8digital, 2018