Home » Strategic Partnership Dalam Berkembangnya Suatu UKM

Strategic Partnership Dalam Berkembangnya Suatu UKM

Strategic Partnership Dalam Berkembangnya Suatu UKM

Strategic partnership mungkin terdengar asing di kalangan para pedagang UKM saat ini. Padahal hal tersebut telah menjadi hal umum dalam menjalankan suatu usaha atau perusahaan, baik itu usaha kecil maupun perusahaan besar. Mengapa demikian?, Hal tersebut dikarenakan Strategic Partnership merupakan cara efektif untuk berbagi keahlian, mendapatkan modal, dan juga sumber daya.

Strategic Partnership

Seperti trend saat ini yang mulai muncul banyak perusahaan Startup baru, mereka sangat membutuhkan modal untuk bisa bertahan karena masih ada di tahap pengembangan dan penelitian usahanya. Tentunya modal tersebut didapat dari Strategic Partnership dengan investor atau mitra kerja.

Strategic Partnership

Kesalahan umum sering terjadi dalam proses Kemitraan ini, untuk itu perlu melihat sudut pandang dari setiap mitra yang terlibat agar memastikan bahwa kebutuhan kedua pihak terpenuhi. Tujuan utama dari Strategic Partnership agar kedua belah pihak mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai tujuannya.

Oleh karena itu tujuan kemitraan harus mencangkup hal berikut ini :

 

  1. Pastikan akan mendapat dana dan sumber daya yang saat ini masih belum dimiliki.

Perusahaan besar rata-rata bergantung pada teknologi inovatif dari pada usaha kecil. Sebagai gantinya perusahaan besar tersebut memberikan modal dan sumber daya untuk menutup kekurangan perusahaan kecil agar dapat mengembangkan teknologinya.

 

  1. Meminimalisir Resiko 

Investor menanamkan modal terhadap sebuah perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan kembali keuntungan balik yang dihasilkan perusahaan tersebut. Atas dasar tersebut, setiap kemitraan yang layak harus mempunyai potensi yang kuat untuk memberikan keuntungan balik terhadap investor dari apa yang diinvestasikan nya dan memperkecil resiko yang dapat membuat investor mengalami kerugian.

 

  1. Exit Strategy Dalam Strategic Partnership

Exit Strategy adalah strategi memberikan seorang pemilik bisnis cara untuk mengurangi atau menghilangkan sahamnya di dalam bisnis dan, jika bisnis tersebut berhasil, membuat keuntungan yang cukup besar. Investor menginginkan mitra kerjanya mempunyai exit strategy yang menjanjikan sehingga mereka merasa aman terhadap apa yang diinvestasikannya.

 

  1. Memangkas Waktu Pengerjaan Dalam Produksi

Perusahaan yang menjadi mitra kerja harus dapat membuat produk perusahaan menjadi cepat dikembangkan, diterima, dan dipasarkan lebih cepat daripada produksi sendiri.

 

  1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Sebuah strategic partnership dengan perusahaan mitra yang baik dapat meningkatkan secara signifikan kredibilitas perusahaan. Jika perusahaan yang mendukung merupakan perusahaan terkenal maka, perusahaan dan produk yang dihasilkan akan mempunyai kredibilitas yang semakin baik.

 

Jadi pastikan Usaha tersebut dan produk yang dihasilkan memberikan nilai guna untuk jangka panjang agar sesuai dengan arah strategi dari calon mitra kerja.

Membentuk strategic partnership bisa memberikan keuntungan dan pengalaman positif jika dilakukan dengan baik. Pihak yang terlibat harus mendapatkan keuntungan, termasuk investor. Dan meskipun motivasi dibalik kesepakatan itu berbeda, pastikan kedua belah Pihak menentukan visi bersama untuk menyelaraskan tujuan sebagaimana sebuah tim.

 

SUDAH DAPAT YANG ANDA CARI? MARI BEKERJA SAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 8digital, 2019