Home » 7 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

7 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

7 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

Dalam beberapa tahun terakhir, pemasaran di saluran media sosial online telah berkembang pesat. Ditunjang semakin cepatnya koneksi internet, membuat jumlah penggunanya di Indonesia bertambah secara signifikan .

Keadaan tersebut menjadikan kehadiran media sosial sebagai sebuah keharusan untuk setiap bisnis, baik sebagai media promosi atau sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan.

Terdapat banyak sekali fitur yang dikembangkan oleh platform media sosial, mulai dari cara berinteraksi hingga fitur iklan berbayar, yang ditujukan untuk membantu bisnis agar dapat terhubung lebih cepat dan efisien dengan para pelanggan mereka.

Menurut sebuah studi oleh CMO Survey, anggaran pemasaran yang dikeluarkan oleh brand global di media sosial diperkirakan akan berlipat ganda (dari 11% menjadi 24%) dalam beberapa waktu ke depan. Juga berdasarkan data dari Statistica, sekitar 95% orang dewasa mengikuti brand favorit mereka melalui jejaring media sosial.

Anggaran perusahaan untuk media sosial |  source : CMO survey

Selain diperkuat dengan data di atas, masih banyak alasan mengapa bisnis membutuhkan media sosial, berikut  7 di antaranya:

Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan dan menaikkan kunjungan ke website merupakan tujuan utama dari setiap brand. Tetapi bagaimana apabila bisnis Anda belum memiliki website ?

Profil media sosial membantu memperkenalkan bisnis dengan tampil di halaman hasil mesin pencari seperti google. Hal tersebut akan membantu pelanggan untuk menemukan bisnis Anda secara online yang selanjutnya juga akan meningkatkan brand visibility.

Media Untuk “Public Relation” Perusahaan

Jejaring sosial memberi kesempatan untuk membuat berbagai macam jenis konten. Seperti konten edukasi, promo, pengumuman peluncuran produk/layanan baru, kebijakan perusahaan hingga kegiatan internal perusahaan.

Lewat konten-konten tadi akan membantu pemilik bisnis untuk selalu terkoneksi dengan pelanggannya, dan sangat jelas bahwa media sosial merupakan media “Public Relation” perusahaan versi digital.

Selain itu, kehadiran bisnis di saluran media sosial juga dapat digunakan untuk mengawasi, mengelola dan memperbaiki konten negatif mengenai brand Anda.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Kehadiran media sosial telah menjadi sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Kurang lengkap apabila sebuah toko fisik tidak memiliki website, begitu juga apabila sebuah website bisnis tidak memiliki media sosial.

Dengan adanya website bisnis dan banyaknya hal positif di media sosial terkait brand bisnis tersebut, seperti banyaknya jumlah pengikut secara langsung hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Perbandingan Dengan Kompetitor

Apakah kompetitor bisnis Anda tidak peduli dengan keberadaan media sosial? Anda mungkin salah besar. Selalu ada kemungkinan bahwa mereka telah menginvestasikan waktu dan uang mereka untuk membangun “eksistensi” secara online melalui media sosial, yang positif untuk memperluas jangkauan bisnisnya.

Mengabaikan   pemanfaatan media sosial akan membuat bisnis Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru dan tentunya mereka akan secara otomatis beralih ke pesaing bisnis Anda.

Selain itu, Anda bisa melihat bagaimana perkembangan dan strategi pemasaran kompetitor melalui media sosial untuk dijadikan bahan perbandingan.

Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Untuk perusahaan yang baru berkembang, tentunya mendapatkan kepercayaan pelanggan baru merupakan salah satu faktor penting. Media sosial merupakan solusi bagi perusahaan baru untuk meningkatkan kredibilitas dan mendapatkan kepercayaan pelanggan secara cepat dan efisien.

Saluran Untuk Mencari Calon Pelanggan

Media sosial sangat berguna dalam menghasilkan prospek yang tertarik dengan produk/layanan bisnis Anda. Dengan saluran media sosial modern, seperti Facebook, dan Instagram yang memungkinkan pembelian langsung menggunakan fitur katalog, pengaruh media sosial untuk menghasilkan calon pelanggan menjadi semakin kuat.

Bahkan baru-baru ini Instagram juga meluncurkan tombol ajakan bertindak yang membantu audiens untuk berbelanja atau menginstal aplikasi. Tombol yang ada pada platform media sosial memang didesain agar interaksi antara bisnis dengan pelanggannya menjadi lebih maksimal.

Saluran Untuk Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan merupakan salah satu manfaat terbesar dari media sosial. Semua saluran media sosial memiliki iklan berbayar yang terdefinisi dengan baik untuk membantu bisnis terhubung sesuai dengan target audiens.

Setiap saluran media sosial memiliki saluran pemasaran yang unik. Seperti beberapa brand terkenal yang menghubungkan kampanye pemasaran dengan profil media sosial mereka untuk meningkatkan jumlah pengikut.

Kekuatan media sosial sangat besar dan dapat membuka pintu kesuksesan bagi bisnis Anda, ketika digunakan dengan cara yang benar. Manfaat yang dihasilkan oleh saluran media sosial dapat diukur dan tidak ada alasan untuk  tidak  menggunakannya.

Agar mendapatkan manfaat yang optimal dari keberadaan media sosial,  pastikan Anda membuat strategi yang tepat dengan  saluran media sosial yang dipilih, sesuai  karakter dari bisnis dan kecenderungan pelanggan Anda.

Hanya memposting gambar dan memperbarui status setiap saat tidak akan membantu bisnis Anda. Kombinasi yang tepat dari konten yang informatif dan promosi diperlukan untuk memberikan hasil seperti yang diinginkan. Tak kalah penting untuk memperluas wawasan Anda, dan mulailah sekarang juga karena membuat iklan berbayar di media sosial merupakan aktivitas yang membutuhkan pengalaman dan wawasan.

SUDAH DAPAT YANG ANDA CARI? MARI BEKERJA SAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 8digital, 2019