Home » Yuk Intip Tren Desain Di Tahun 2020

Yuk Intip Tren Desain Di Tahun 2020

Yuk Intip Tren Desain Di Tahun 2020

Desain grafis adalah salah satu faktor yang cukup penting untuk berbagai hal, terutama bagi sebuah usaha. Desain grafis ini berfungsi sebagai faktor pendukung visual dalam memperkenalkan dan mempromosikan sebuah produk. Sama halnya seperti teknologi, desain grafis juga ikut berkembang mengikuti zaman.

Seorang desainer harus benar-benar mengenali desain seperti apa yang saat ini sedang menjadi tren. Agar desain yang dibuatnya bisa menyesuaikan kebutuhan pasar saat ini. Kali ini Kita akan membahas desain grafis seperti apa saja yang sedang menjadi tren di tahun 2020.

Tema Warna

Warna adalah salah satu elemen penting dalam sebuah desain. Perpaduan warna yang monoton tentunya bisa membuat yang melihatnya cepat merasa bosan. Perpaduan warna menjadi sebuah nilai kunci dalam sebuah desain, meski memiliki poin yang menarik tetapi jika kombinasi warna yang digunakan kurang tepat tentunya tidak akan bisa menarik perhatian.

Di tahun 2020 ini akan banyak bermunculan kombinasi warna-warna cerah menghiasi berbagai platform seperti banner, website hingga aplikasi mobile. Berhati-hatilah ketika akan mengombinasikan warna, pilihlah warna-warna yang hangat dan bersahabat di mata.

Selain itu warna gelap juga akan menjadi tren tersendiri di tahun 2020.

Seperti sudah diketahui beberapa aplikasi mobile kini sudah meluncurkan aplikasi besutannya dalam mode “dark”. Nuansa hitam yang dikombinasikan dengan desain minimalis pada sebuah aplikasi mampu menarik perhatian banyak pengguna.

Deformasi Visual

Deformasi Visual ini lebih identik dengan konsep desain yang mengubah bentuk atau posisi, dimana desain yang akan lebih ditonjolkan. Tujuannya agar lebih menarik perhatian dan juga membuat yang melihatnya akan mempertimbangkan semua elemen yang menggambarkan esensi dari gambar tersebut. Sehingga makna dan tujuan dari gambar tersebut bisa lebih tersampaikan.

Hal ini juga merujuk pada fakta bahwa sebagian besar otak manusia dibangun berdasarkan pola, yaitu pola lurus dan pola simetris. Sekitar 90% kasus sebuah desain enggan untuk dilihat karena sulit untuk dimengerti atau karena pola yang tidak sesuai.

Dengan menggunakan Deformasi Visual, sebuah desain akan jauh lebih dinamis dan juga informasi atau pesan dari desain tersebut lebih mudah untuk dipahami.

Gradient

Selain pemilihan dan kombinasi warna, penerapan warna pada sebuah desain juga menjadi hal yang penting. Warna adalah salah satu elemen dari desain yang cukup sensitif, karena jika salah dalam memilih atau menerapkan desain Kamu akan terlihat biasa saja atau bahkan membosankan.

Gradient bisa menjadi salah satu solusi agar desain kamu menjadi lebih menarik. Gradient sendiri memang sudah menjadi tren di beberapa tahun terakhir. Konsepnya pun kini sudah semakin berkembang dengan transisi warna yang lebih beragam.

Padukan warna-warna yang mampu menarik perhatian mata. Seperti warna putih dengan hitam, merah dengan orange, biru dengan ungu atau warna-warna yang sulit untuk dipadukan sekalipun. Dengan Gradient perpaduan warna yang digunakan pada sebuah gambar akan lebih terlihat beragam dan juga menarik.

3D

Desain 3D bukan lagi hal yang cukup asing, konsep desain ini memang sudah digunakan sejak bertahun-tahun silam. Memberikan efek lebih hidup dan nyata membuat sebuah gambar memiliki daya tarik lebih. Desain 3D ini juga banyak sekali digunakan, bukan hanya pada sebuah gambar tapi pada industri film, website, game, arsitektur, animasi dan masih banyak lagi.

Desain 3D juga cukup mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai konsep desain lainnya, seperti kamu bisa mengombinasikan 3D dengan paduan warna gradient sehingga hasilnya akan jauh lebih unik lagi.

Image and Text Masking

Selain warna, gambar dan teks adalah elemen yang juga sama pentingnya pada sebuah desain grafis. Dan akhir-akhir ini menggabungkan kedua elemen itu pada sebuah desain menjadi tren tersendiri. Image and Text Masking ini mampu membuat sebuah desain menjadi lebih modern dan misterius serta futuristik dalam waktu bersamaan.

Dengan menyembunyikan sebagian gambar dan sebagian lagi disisipkan kedalam teks yang akan digunakan pada desain tersebut. Text Masking ini membuat desain menjadi lebih minimalis karena tidak akan ada banyak gambar atau ornamen yang muncul pada sebuah frame. Hingga saat ini para desainer terus mengembangkan komposisi gambar dan teks masking ini agar hasilnya semakin menarik lagi.

Pola Asimetris

Dengan pola Asimetris, para desainer ingin menghapus sebuah batasan dan juga menghapus pola teratur pada sebuah desain. Dengan konsep ini para desainer akan lebih leluasa menyisipkan berbagai bentuk pada sebuah desain untuk menciptakan kesan menarik dan juga meningkatkan rasa penasaran dari yang melihatnya.

Melalui pola Asimetris para desainer bisa terus menghadirkan berbagai kejutan yang bisa membuat orang-orang yang melihatnya akan terus tertarik dan tertuju kepada hasil desainnya. Pola Asimetris ini banyak digunakan untuk layout sebuah halaman website, tujuannya agar para pengunjung halaman website tersebut terus melakukan scroll hingga bagian bawah halaman.

Pola Isometris

Menggambar objek tiga dimensi pada sebuah gambar dua dimensi akhir-akhir ini juga menjadi tren yang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan dengan pola Isometris ini bisanya cukup sederhana dan bersih. Kamu bisa lebih jelas menunjukan posisi dan bentuk sebuah objek lebih jelas tanpa harus menambahkan banyak aksen yang cukup rumit.

Pola Isometris ini juga bisa Kamu gabungkan dengan pola Futuristik dan paduan warna Gradient untuk memperjelas bentuk dan posisi objek tersebut. Selain itu juga tentunya untuk mempercantik gambar tersebut agar terlihat lebih menarik lagi.

Itu dia beberapa pola atau konsep desain grafis yang menjadi tren di tahun 2020 ini. Sebenarnya masih banyak lagi konsep dan pola desain grafis yang banyak digunakan oleh para desainer untuk mempercantik hasil karyanya.

Beberapa pola dan konsep di atas hanya sebagian kecil yang memang sering digunakan oleh para desainer saat ini. Menurut Kamu pola atau konsep desain grafis manakah yang bisa menarik perhatianmu?

Yuk intip berbagai tips dan informasi menarik lainnya disini.

 

SUDAH DAPAT YANG ANDA CARI? MARI BEKERJA SAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 8digital, 2019