Home » Apa Saja yang Dibutuhkan Ketika Membuat Website

Apa Saja yang Dibutuhkan Ketika Membuat Website

Apa Saja yang Dibutuhkan Ketika Membuat Website

Membuat website atau mebangun sebuah website dari nol mungkin bagi sebagian orang masih menjadi hal yang membingungkan. Meski di era serba maju ini kehadiran website untuk apapun itu fungsinya sudah menjadi salah satu hal yang cukup wajar. Dan website sendiri kini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang memang tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Saat ini website menjadi media yang sangat penting untuk melakukan promosi, baik itu untuk keperluan sebuah usaha ataupun untuk kepentingan pribadi. Di era global ini website bisa menjadi salah satu penguat identitas sebuah usaha maupun nama seseorang. Sehingga membuat website sangat disarankan apalagi jika Anda memang berniat mengembangkan sebuah usaha atau branding diri Anda lebih serius lagi.

Jenis-Jenis Website

Pada dasarnya website terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • Toko Online
  • Company Profile
  • Blog
  • Forum
  • Web Portal
  • Search Engine
  • Sosial Media
  • Katalog
  • Dan Lain-Lain

Sebenarnya masih banyak lagi jenis website yang ada saat ini, semuanya tergantung kepada kebutuhan atau tujuan membuat website itu sendiri. Bagi Anda yang ingin memiliki sebuah website ada beberapa hal-hal dasar yang dibutuhkan ketika akan membuat website.

Hal-Hal Yang Dibutuhkan Dalam Membuat Website

Perancangan Website

Hal yang pertama kali harus dilakukan dalam membuat website adalah merancang ide dan tujuan dibuatnya website itu sendiri. Setelah itu barulah mencari nama yang cocok untuk website Anda nantinya. Buat juga konsep website mulai dari tampilan halaman, menu – menu yang dibutuhkan, halaman – halaman yang dibutuhkan, hingga hal – hal lainnya yang memang ingin hadir di website Anda nantinya.

Platform

Kemudian tentukan kira-kira platform apa yang cocok atau yang akan Anda gunakan untuk website tersebut. Platform yang biasanya digunakan saat ini diantaranya :

  • WordPress
  • Joomla
  • Drupal
  • Ghost
  • Prestashop
  • Magento
  • Laravel
  • Opencart

Masih ada banyak lagi platform yang sebenarnya bisa Anda gunakan, namun platform-platform diatas yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Domain

Pada perancangan website tadi Anda sudah menentukan nama yang cocok untuk website tersebut bukan. Nama tersebut nantinya akan digunakan untuk sebuah domain yang akan Anda beli. Dan nama domain ini nantinya yang kan menjadi alamat website Anda, sekaligus yang digunakan oleh para pengguna untuk dapat mengakses website tersebut.

Ekstensi .com dan .co.id hingga saat ini masih menjadi yang paling popular di Indonesia, dan harganya pun relatif lebih mahal. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan ekstensi yang dibanderol lebih murah seperti .net .info .org .biz dan yang lainnya.

Domain ini biasanya dibeli untuk bisa digunakan hingga 1 tahun kedepan, dan harus segera di perpanajng ketika masa berlakunya habis.

Hosting

Kemudian Anda juga harus menyiapkan hosting, hosting sendiri merupakan tempat Anda menyimpan file, gambar, video dan data lainnya dari website yang akan Anda buat agar dapat diakses melalui jaringan internet.

Hosting biasanya bisa disewa bulanan hingga tahunan. Ketika akan menyewa hosting Anda bisa menyesuaikan dengan besar data dari website tersebut, karena semakin besar kapasitas yang dibutuhkan semakin mahal juga harga sewanya.

Anda juga bisa melihat Tips memilih layanan web hosting yang sudah pernah dipost beberapa waktu yang lalu, agar Anda tidak terlalu kebingungan ketika memilih hosting yang akan digunakan nantinya.

Konten

Setelah semua tersebut dipersiapkan kini Anda bisa mulai mempersiapkan konten – konten yang dibutuhkan. Anda bisa merancang website tersebut mulai dari tampilan, penempatan gambar atau video, hingga setiap kata yang nantinya akan ditampilkan pada website tersebut.

Pembuatan konten ini bisa disesuaikan dengan rancangan website yang sebelumnya sudah Anda buat dan juga disesuaikan dengan tujuan dan karakter yang anda inginkan.

Itu dia tadi beberapa hal dasar yang harus dipersiapkan ketika Anda akan membuat website. Hal – hal ini masih sekedar hal dasar dan belum masuk ketahap membangun sebuah website agar bisa live, karena tahap berikutnya membutuhkan keahlian yang lebih mendalam lagi. Dibutuhkan aplikasi – aplikasi pembangun website, bahasa pemrograman serta berbagai aplikasi dan plugin yang dibutuhkan untuk mendukung pembangunan website tersebut agar sesuai dengan yang Anda inginkan.

SUDAH DAPAT YANG ANDA CARI? MARI BEKERJA SAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright 8digital, 2019